Microsoft Office 365 Gratis

Cara Mendapatkan Microsoft Office 365 Legal dan Gratis

Microsoft Office 365 Gratis

Mulai dari pekerja kantoran, mahasiswa, hingga bahkan murid SD, hampir semua orang membutuhkan Microsoft Office. Software populer ini memiliki banyak program yang bisa membantu kita mengerjakan berbagai tugas. Mulai dari Microsoft Word, Excel, Power Point, OneNote, dan lain sebagainya.

Sayang sekali, Microsoft Office atau yang dikenal pula sebagai Office 365 ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Untuk mendapatkannya, kamu harus menyiapkan budget mulai dari 69,99 dolar AS atau sekitar Rp1 juta. Tidak semua orang rela dan mampu mengeluarkan biaya tersebut untuk sebuah software.

Untungnya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan Microsoft Office 365 secara gratis namun tetap legal. Ingin tahu seperti apa? Simak berikut ini!

1. Siswa dan pengajar bisa mendapatkan Office 365 secara gratis

Kabar baiknya, jika kamu adalah siswa, mahasiswa, guru, dan dosen, kamu bisa mendapatkan Microsoft Office 365 secara gratis tanpa batasan apa pun. Layanannya pun secara penuh, mulai dari Word, Excel, PowerPoint, OneNote, dan lain sebagainya. Seperti apa caranya? Untuk membuka akses tersebut, simak langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuklah ke situs Office 365 Education, yaitu https://www.microsoft.com/en-ph/education/products/office;
  2. Di kolom yang tersedia, masukkan alamat email yang kamu dapatkan secara resmi dari institusi pendidikan yang kamu ikuti. Bukan email dari gmail, yahoo, dan domain gratis lain, ya. Domain harus menggunakan nama institusi, seperti @ui.ac.id, @ugm.ac.id, dan lainnya;
  3. Klik “Get Started“;
  4. Pilih apakah kamu siswa atau guru;
  5. Klik sign in;
  6. Kamu harus sign in lagi dengan akun email yang kamu masukkan untuk bisa mengakses situs Microsoft Office.

Setelah berhasil masuk ke situs Microsoft Office, kamu akan mendapatkan laman dengan judul “Good morning, xxx“. Di sebelahnya, ada menu “Install Office“. Klik menu tersebut kemudian klik “Office 365 Apps” dengan ikon download. Office 365 pun akan terunduh secara gratis dan bisa kamu install di berbagai perangkat.

2. Bagaimana jika proses sign in sebagai siswa dan pengajar gagal?

Pada umumnya, mendapatkan akses Office 365 sebagai siswa dan pengajar cukup mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, terkadang Microsoft harus melakukan verifikasi terlebih dahulu untuk memastikan keabsahan institusimu.

Jika ini yang terjadi, kamu harus bersabar karena Microsoft biasanya membutuhkan waktu kurang lebih sebulan untuk melakukan verifikasi. Namun tak perlu khawatir, jika institusimu sah, kamu akan mendapatkan akses tersebut nantinya.

3. Download free trial Office 365

Microsoft juga menyediakan Office 365 dalam versi free trial untuk pengguna yang ingin mencobanya secara gratis. Lalu seperti apa cara mendapatkannya? Simak langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuklah ke situs resmi Microsoft dan buatlah akun baru di sana;
  2. Pada laman utama situs, klik “Microsoft 365”;
  3. Klik keperluan pemakaian yang sesuai. Salah satunya “Untuk di rumah” jika digunakan untuk keperluan pribadi;
  4. Scroll laman dan klik “Coba gratis selama 1 bulan”;
  5. Klik “Coba gratis 1 bulan”;
  6. Masuk lagi dengan akun yang telah kamu buat;
  7. Masukkan informasi kartu kredit dan debit untuk memperpanjang masa percobaan setelah 1 bulan (kamu bisa menghapusnya setelah registrasi);
  8. Klik “Konfirmasi” dan kamu bisa mendapatkan free trial Microsoft Office 365.

Jangan lupa untuk menghapus informasi kartu kredit dan debit jika kamu tidak ingin membayar di bulan selanjutnya, ya. Kamu juga bisa menghentikan pemakaian Office 365 saat telah mendekati masa expired untuk menghindari pembayaran.

You Might Also Like
Leave a Reply